Thursday 19 July 2018

Jaringan Internet Dan Protokolnya

Pengertian Internet
Bagi mereka yang sedang berkonsentrasi pada bidang jaringan komputer atau dunia internet pasti akan sering mendengar dan berinteraksi dengan yang namanya IP Address. Jaringan komputer adalah suatu bentuk jaringan telekomunikasi yang saling dihubungkan pada beberapa komputer dengan tujuan agar bisa saling berinteraksi dan saling tukar – menukar data.
Pada umumnya semua jaringan komputer didesain dengan model client server. Terdapat komputer yang bertugas sebagai server dan beberapa komputer yang bertindak sebagai client atau anggota. Penggunaan IP Address dalam hal ini adalah sebagai identitas dari masing – masing komputer baik yang bertindak sebagai server maupun sebagai client. Sama halnya dalam aktivitas internet, penggunaan IP Address juga sebagai penamaan atau identitas dari masing – masing komputer host.
Pada dasar nya IP Address berbentuk kombinasi angka dalam digit tertentu dan dipisah oleh titik. Untuk dapat menentukan pemakaian IP Address pada masing – masing komputer tentunya juga memerlukan dasar – dasar ilmu dan pemahaman yang mendalam. Meskipun membaca pedoman tapi tanpa adanya pemahaman tentu setiap orang akan kesulitan untuk mengimplementasikan IP Address. Oleh karena itu kami akan mendeskripsikan dan menjelaskan secara detail pengertian IP Address dan fungsinya kepada anda. Selain itu anda juga akan mengetahui kelas – kelas yang ada dalam IP Address

Pengertian IP Address
Pada dasarnya Internet Protocol Address atau biasa disebut IP Address merupakan suatu deretan angka biner yang disusun dengan kisaran antara 32 bit sampai dengan 128 bit dan digunakan sebagai alamat identifikasi pada masing – masing komputer. Dalam ilmu jaringan komputer penggunaan angka dengan 32 bit dipakai pada IP Address khusus versi IPv4 sedangkan untuk angka 128 bit untuk yang versi IPv6.
Hadirnya versi IPv6 untuk mengantisipasi jika IPv4 sudah kehabisan daya tampung mengingat kemajuan teknologi yang tentunya mendorong juga semakin berkurangnya persediaan IP Address untuk seluruh dunia. Semakin tinggi bit pada IP Address komputer anda tentunya akan menghadirkan koneksi yang lebih cepat tentunya.
Selain IP Address, dalam jaringan komputer juga dikenal istilah DNS Server dan DHCP Server. Ketiga istilah berperan penting untuk menunjang pemakaian komputer anda dalam suatu sistem jaringan. Biasanya pada DHCP Server client akan menerima pengalamatan IP Address yang sudah disetting secara otomatis. Sedangkan untuk DNS Server, penggunaan IP Address untuk mensetting hanya pada Ipv4.

Fungsi IP Address
Setelah memahami definisi dan cara kerja IP Address maka anda juga harus mengetahui fungsi utamanya. Terdapat 2 fungsi khusus mengapa harus menggunakan IP Address pada sistem komputer jaringan yakni sebagai alat identifikasi host dan sebagai alamat lokasi jaringan pada setiap komputer. Secara detail akan dijelaskan dibawah ini :

1. IP Address sebagai alat identifikasi host
Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jika komputer diibaratkan sebagai manusia maka IP Address akan digunakan sebagai nama atau identitas terutama dalam semua aktifitas yang berhubungan dengan jaringan. Pada sistem jaringan komputer dikenal istilah host dan penggunaan IP Address dimaksudkan untuk mengidentifikasi masing – masing host. Tentu saja tidak boleh ada host yang memiliki IP Address sama.

2. IP Address sebagai alamat lokasi jaringan
Selain sebagai identifikasi host penggunaan IP Address juga dimaksudkan sebagai alamat lokasi jaringan. Maksudnya adalah penamaan IP Address bisa memberikan informasi dari negara mana komputer atau host yang dimaksud. Fungsi ini biasanya dijalankan pada aktivitas menggunakan internet karena dengan IP Address data bisa sampai pada komputer yang tepat. Untuk memeriksa IP Address bisa melalui setting jaringan atau menggunakan web browser.

Kelas pada IP address
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa IP Address terdiri atas dua versi yakni IPv4 dan IPv6. Namun wajib anda ketahui bahwa di versi IPv4 saja tersedia setidaknya daya tampung sebanyak kurang lebih 4.294.967.296 host di seluruh dunia. Dengan jumlah yang sangat banyak seperti itu maka tentunya akan menyulitkan dari segi pemilihan dan penggunaannya. Oleh karena itu diperlukan adanya penggolongan IP Address menjadi beberapa kelas.

Pada dasarnya IP Address terdiri atas 4 oktet, misal 192.168.1.2, dimana 192 adalah oktet pertama, 168 okter kedua dan seterusnya. Nilai dari 1 oktet adalah maksimal 255. Untuk menggolongkan IP Address sebanyak itu maka dibentuk 5 kelas dan terdiri dari kelas A sampai kelas E (kelas D dan E sangat jarang digunakan). Masing – masing kelas memegang peranan penting dalam sistem jaringan komputer. Selain itu dikenal pula istilah Network ID (Net ID) dan Host ID yang memang identik dengan penggunaan IP Address (kecuali IP Address kelas D dan E).

1. Untuk IP Address kelas A biasa digunakan pada sistem jaringan skala besar. Bit pertama diawali dengan angka 0. Untuk panjang Network ID adalah 1 oktet sedangkan panjang Host ID 3 oktet. Jumlah host pada kelas A dapat mencapai 16.777.216.
2. Untuk IP Address kelas B biasanya lebih sering digunakan pada sistem jaringan skala besar dan menengah dengan daya tampung mencapai kurang lebih 65.536 host diseluruh dunia. Panjang Network ID pada kelas ini adalah 2 oktet sedangkan panjang Host ID 2 oktet.
3. Untuk IP Address kelas C biasa digunakan pada sistem jaringan skala kecil dengan daya tampung hanya 256 host. Untuk panjang Network ID adalah 3 oktet sedangkan panjang Host ID 1 oktet.
4. Untuk IP Address kelas D digunakan khusus untuk keperluan multicasting, dimana IP address (host) awal adalah 224.0.0.0 hingga 239.255.255.255. Dalam multicasting juga tidak mengenal istilah Network ID dan Host ID.
5. Untuk IP Address kelas E dicadangkan hanya untuk keperluan eksperimental saja, dimana IP address (host) awal adalah 240.0.0.0 hingga 255.255.255.255. Sama halnya dengan Kelas D, IP Address kelas E juga tidak mengenal istilah Network ID dan Host ID.

Pengertian Internet secara Global
Pengertian Internet, internet (interconnected computer networks) bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan “online” di internet. Pekerjaan ini bisa di ibaratkan seperti kita berjalan-jalan di tempat hiburan sembari melihat-lihat ke toko-toko namun tidak membeli jualan tersebut.
Internet merupakan sistem global jaringan komputer yang berhubungan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal ke lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah kode array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet juga dapat didefinisikan sebagai interkoneksi seluruh dunia komputer dan jaringan komputer yang memfasilitasi sharing atau pertukaran informasi di antara pengguna.
Elektronik mail (E-mail) fitur ini dipakai sebagai media berkirim surat dengan orang lain, tanpa ada batasan waktu, ruang bahkan birokrasi dunia maya yakni kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet world wide web (www) dengan world wide web (www) ini kita bisa mengambil, memformat, dan menampilkan informasi (termasuk teks, audio, grafik serta video dengan menggunakan hypertext links.
Mailing list, fitur ini digunakan untuk dapat berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail ke sesama pengguna email. Mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi, pendapat dan lain sebagainya. Newsgroup digunakan untuk berkoferensi jarak jauh, sehingga kita bisa menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet. Download merupakan proses mengambil file dari komputer lain melalui internet ke komputer di rumah. Upload merupakan proses meletakkan file dari komputer kita ke komputer lain melalui internet File transfer protocol (FTP) fungsi ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet.
Beberapa server di internet telah menyediakan file atau dokumen yang dapat untuk di gandakan oleh para penggunanya secara gratis. Telnet fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain. Ghoper fungsi ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan pengguna bisa mengambil informasi tersebut secara mudah dan tentunya gratis.

TCP/IP
Suit protokol internet merupakan model jaringan komputer dan rangkaian protokol komunikasi yang digunakan di internet dan jaringan komputer yang mirip. Ia dikenal dengan TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang diterjemahkan menjadi Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, yang merupakan gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini, karena protokol ini mampu bekerja dan diterapkan pada lintas perangkat lunak dalam berbagai sistem operasi Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.
Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.

WAP (Wireless Apliccation Protokol)
WAP adalah standar internasional terbuka untuk aplikasi yang menggunakan komunikasi nirkabel. WAP merupakan sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus.  
Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA.Versi WAP Ada beberapa versi WAP antara lain WAP 1.2.1 dan 2.0. WAP 1.2.1 hanya dapat menampilkan laman sederhana saja di bandingkan dengan WAP 2.0 yang mendukung bahasa xhtml dan gambar.
WAP di buat pertama kali sebagai protokol komunikasi bergerak yang tidak bergantung pada sistem tertentu. WAP dirancang sebagai bagian dari sistem di masa depan sama halnya dengan Bluetooh dan GPRS. WAP merupakan protokol komunikasi bergerak yang terdiri dari beberapa layer dan dapat di jalankan pada sistem jaringan yang berbeda.

Protokol WAP di desain untuk bisa melihat tampilan internet dari wireless client, seperti hand phone, PDA dan lain-lain.Dasar PengetahuanSebelum anda mempelajari tentang pengetahuan WAP alangkah lebih baiknya anda memiliki dasar pemahaman:
WWW, HTML dan dasar pembangunan halaman web JavaScript, XML, WAPIndustri wireless membangun teknologi internet baru yang disebut WAP. Ia merupakan standar fasilitas tampilan internet pada wireless clients, seperti Handphone dan PDA.
WAP menggunakan bahasan mark-up WML (bukan HTML) WML didefinisikan sebagai aplikasi XML 1.0 Wireless Application Protocol Protokol WAP memimpin pembangunan teknologi service informasi wireless seperti pada digital Hand phone.
Standar WAP didasarkan kepada Internet standar (HTML, XML dan TCP/IP). Ia melakukan pendekatan spesifikasi bahasa WML, spesifikasi WMLScript, dan aplikasi Wireless Telephony Application Interface (WTAI).
WAP dipublikasikan oleh WAP Forum, ditemukan pertama kali oleh Ericsson pada tahun 1997. Motorola, Nokia, dan Unwired Planet juga melakukan hal yang sama. Anggota Forum itu kini beranggotakan lebih dari 90% pasar handphone, software developer dan organisasi yang lain.WAP Micro Browser Untuk dapat menyesuaikan dengan terminal yang kecil, WAP menggunakan sebuah Micro Browser.
Micro Browser adalah software kecil yang dapat bekerja pada komputer dengan spesifikasi yang sangat rendah, memory yang kecil dan CPU yang lambat. Kita dapat menampilkan informasi yang ditulis dalam bahasa mark-up yang disebut WML.
Micro Browser juga mendukung script tambahan yaitu JavaScript yang disebut WMLScript.
WML singkatan dari Wireless Markup Language. Ia merupakan bahasa mark-up keturunan dari HTML, tetapi WML didasarkan kepada XML, jadi ia lebih ketat daripada HTML.
WML digunakan untuk membuat halaman yang dapat dilihat pada WAP browser. Halaman dalam WML dikenal dengan istilah DECK. Deck merupakan kumpulan dari beberapa CARD.
WML menggunakan WMLScript untuk menyusun kode sederhana untuk dijalankan pada client. WMLScript merupakan turunan dari bahasa JavaScript. Tetapi, WMLscript tidak tersambung dengan WML page. WML page berisi referensi dari URL script. WML script butuh dikompilasi ke dalam byte code pada server sebelum mereka berjalan pada WAP browser.Contoh Penggunaan WAP
Mencari informasi nomor telepon atau alamat FAQ,Informasi jadwal keberangkatan penerbangan Transaksi Pembelian tiket Pendaftaran keberangkatan pesawat Informasi lalu lintas Daftar informasi kondisi cuaca Informasi Nilai stok dll.
Saat ini memiliki sebuah website mungkin bukanlah hal langka atau sesuatu yang dibilang wahhhhh. Karena saat ini sudah ada tampilan web yang tidak terlalu rumit dan sangatlah sederhana, itulah WAP site dengan memanfaatkan media yang serba mini menampilkan berbagai informasi yang lumayan bagi pembacanya.

Untuk dapat membuat situs WAP kamu haruslah menguasai atau bisa menggunakan bahasa pemrograman Extensible Markup Language (XML), dan untuk dapat menguasainya diperlukan waktu belajar tersendiri jika Anda ingin menguasainya atau ingin membuatnya secara manual.
Untuk membuat WAP site yang instan dan tidak memerlukan keahlian khusus sangatlah mudah karena saat ini sudah banyak penyedia WAP Builtder atau penyedia fasilitas pembuat situs WAP Instan.
WAP dipublikasikan oleh WAP Forum, ditemukan pertama kali oleh Ericsson pada tahun 1997. Motorola, Nokia, dan Unwired Planet juga melakukan hal yang sama. Anggota Forum itu kini beranggotakan lebih dari 90% pasar telepon genggam, software developer dan organisasi yang lain.

Versi Dari WAP / Wireless Application Protocol
Ada beberapa versi WAP antara lain WAP 1.2.1 dan 2.0. WAP 1.2.1 hanya dapat menampilkan laman sederhana saja dibandingkan dengan WAP 2.0 yang mendukung bahasa xhtml dan gambar.
WAP di buat pertama kali sebagai protokol komunikasi bergerak yang tidak bergantung pada sistem tertentu. WAP dirancang sebagai bagian dari sistem di masa depan sama halnya dengan Bluetooth dan GPRS.
WAP merupakan protokol komunikasi bergerak yang terdiri dari beberapa layer dan dapat dijalankan pada sistem jaringan yang berbeda. Teknologi ini merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka dan berbasis pada standar Internet, serta beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan nirkabel. Teknologi ini bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps.

Keterbatasan Perangkat WAP
1.Kemampuan Central Processing Unit(CPU) yang lebih rendah dibandingkan CPU  yang digunakan pada perangkat wired seperti komputer.
2.Keterbatasan ukuran memori
3.Penghematan penggunaan daya(power)yang biasanya menggunakan batere
4 Ukuran display yang lebih kecil dan terbatas
5 Input device yang berbeda dengan device biasa

WWW (World Wide Web)
Perlu anda ketahui www adalah kepanjangan dari World Wide Web, dan Pengertian www adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan dan menyebarkan data ke jaringan internet berskala besar yang ada di seluruh penjuru dunia. www sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya hanya istilah bagian dari internet.
Bukan hanya pengertian www saja yang akan dibahas, tetapi juga Sejarah www yaitu pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa, Jenewa Swiss sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global. Ketika pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 1995. www benar-benar menjadi perhatian masyarakat dunia internet.
Program ini digunakan untuk menggantikan FTP yang sudah sejak lama digunakan sebagai pengatur lalu lintas jaringan internet. Program www yang dibangun dari ‘equire’ temuan lee ini benar-benar menghadirkan sesuatu yang baru yang pada waktu itu belum pernah terbayangkan dan terfikirkan kebanyakan orang.

FUNGSI WWW
Fungsi www adalah sebuah informasi global yang menghubungkan pengguna jaringan internet atau lebih dikenal dengan sebutan user ke server serta user lain untuk menyajikan suatu data, dokumen, serta berbagai macam informasi yang dapat digunakan bersama dengan menggunakan bahasa HTML.
www berfungsi sebagai program yang bertugas sebagai pengatur, penyedia, serta penampilan dari setiap data informasi yang ada di jaringan internet. Kehadiran program www membuat semua proses transfer data di jaringan internet menjadi berjalan dengan lebih cepat dan juga lebih teratur.
Tidak dipungkiri bahwa www adalah bagian yang cukup menarik dari internet melalui web. Para pengguna dapat mengakses informasi yang tidak hanya berupa teks saja tetapi juga bisa berupa gambar, video, maupun audio. Jadi kesimpulan pengertian www adalah sekelompok dokumen yang saling berhubungan. Para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya dengan mudah hanya dengan link.

Sumber :



0 komentar:

Post a Comment