Friday 15 January 2016

Prinsip Kerja Modulator FM

Rangkaian Modulator FM
Modulator FM adalah alat yang berfungsi untuk menghasilkan sinyal FM. Sinyal informasi yang masuk akan ditumpangkan kesinyal pembawa (carier) lalu sinyal pembawa yang lebih besar akan berubah terhadap frekuensinya. Dibawah ini adalah contoh rangkaian modulator FM.


Cara kerjanya sinyal yang berisikan infomasi akan ditumpangkan ke sinyal pembawa  (carier) dimana sinyal informasi yang sudah ditumpangkan akan menghasilkan sinyal FM, yang nantinya sinyal informasi akan sama dengan besar frekuensi sinyal pembawanya. Dimana rangkaian yang terdapat diatas terdapat varaktor (CV) yaitu dioda yang mempunyai sifat kapasitas berubah-ubah sesuai dengan tegangan yang diberikannya, dioda ini juga yang dapat mengatur atau mengendalikan frekuensi didalam modulator.

Dioda Varactor pada umumnya terbuat dari bahan Semikonduktor Silikon dengan Sambungan PN yang dirancang khusus untuk memiliki sifat kapasitansi pada rangkaian bias balik (reverse bias) seperti Dioda Zener. Dalam penggunaannya, Terminal Katoda Dioda Varactor akan dihubungkan ke tegangan positif (+) sedangkan terminal Anoda-nya dihubungkan ke tegangan negatif (-). Jika terjadi perubahan beda potensial diantara terminal Katoda dan Anoda yang melebihi breakdown atau tegangan tembus Dioda Varactor,  maka daerah deplesi pada sambungan semikonduktor tipe P dan tipe N dalam Dioda Varaktor tersebut akan terjadi perubahan lebar. Semakin tinggi tegangan terbalik (Reverse Bias) yang diberikan pada Dioda Varaktor, semakin lebar pula daerah deplesi  pada sambungan semikonduktor tersebut yang mengakibatkan semakin rendahnya nilai kapasitansi. Sebaliknya, jika Dioda Varaktor menerima tegangan terbalik atau reverse bias yang rendah, maka deplesi akan menyempit sehingga nilai kapasitansi menjadi lebih tinggi.

Jika tegangan input sebangai sinyal pembawa maka frekuensi modulator itu akan berubah sesuai dengan sinyal pembawa. Maka dari itu output dari modulator FM ini akan mengeluarkan sinyal yang frekuensinya telah berubah sesuai sinyal informasinya.

2 komentar:

  1. terimakasih sudah sharing, jangan lupa kunjungi webVisit Us

    ReplyDelete
  2. Jadi tahu tentang Rangkaian dan Cara kerja Modulator FM. Thankyyou for sharing, please visit:
    Visit us

    ReplyDelete