Tuesday 24 October 2017

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR INTEL

PERKEMBANGAN INTEL DAN INTEL I3
Sejarah dan Perkembangan Processor Intel : Sebelum anda melanjutkan membaca artikel ini, ada baiknya ada melihat dulu Sejarah Processor. Pada tahun 1968, Gordon MooreRobert Noyce and Andy Grove menemukan Intel Corp. untuk menjalankan bisnis “INTegrated ELectronics” atau yang lebih kita kenal INTEL. Inilah awal mula berdirinya perusahaan processor yang telah banyak digunakan di seluruh dunia sampai saat ini. Processor Intel di mulai dari RAM Statis baru kemudian dikembangkan menjadi Micropocessor. Microporcessor pertama memiliki 275.000 Transitor. Bandingkan dengan Intel Core 2 Quad yang memiliki 300 Juta Transitor.

1.Prosesor 8086 dan 8088 ( 1978)
CPU 16bit pertama Intel menggunakan bus sistem 16bit . Motherboard 16 bit saat itu mahal dimana saat itu komputer standar  masih 8bit . sehingga dirancang ulang PC pertama (1981) mempunyai CPU8088. 8088 dengan CPU internal 16ibit dan eksternal 8bit secara logika disebut 8086SX.








2.Prosesor 80286 
Pada tahun 1982 menemukan prosesr 16 bit dengan kemajuan yang besar dibandingkan chip-chip eerasi pertama , perbakan utama 286 menghasilkan lebih banyak tiap tiap clock dari pada 8086 ,8088. Empat kali lebih cepat dari kecepatan awal (6MHz) kecepatan clock 8,10 dari 12 9(MHz) pada IBM PCAT (1984) Pembaharuan kerja baru 24 bit vitual Address mode-mode yan menegaskan 24 bit dari DOS ke windows.



3.Prosesor 80386 DX. 
Pada  17 Oktober tahun 1985, 80386 merupakan CPU 32 bit pertama. Prosessor ini dapat mengalamati memori hingga 4 GB dan mempunyai cara pengalamatan yang lebih baik daripada 286. kecepatan clock 16,20, dan 33 MHz. Belakangan Cyrix dan AMD. Mode baru itu disebut virtual 8086 yang terbuka untuk multitasking karena CPU dapat membuat beberapa 8086 virtual di tiap lokasi memorinya sendiri-sendiri. 80386 merupakan CPU awal yang kerja baik dengan windows.


4.Prosesor 80486 DX. 
Prosesor 80486 dikeluarkan 10 April 1989. 2 kali lebih cepat dari pada pendahulunya, karena penanganan perintah-perintah x86 yang lebih cepat, lebih-lebih pada mode RISC. kecepatan bus dinaikkan, tetapi 386DX dan 486DX merupakan chip 32 bit. 486 ialah menjadikan satu math coprocessor/prosesor pembantu matematis. Sebelumnya, math co-processor yang harus dipasang merupakan chip 387 yang terpisah,486 juga mempunyai cache L1 8 KB.





5.Prosesor Pentium Klasik P54C dan P55C.
Prosessor Pentium merupakan super scalar dan prosessor ini dapat menjalankan lebih dari satu perintah tiap tik clock. lebarnya lipat dua menjadi 64 bit dan kecepatannya meningkat menjadi 60 atau 66 MHz. Sejak itu, Intel memproduksi dua macam Pentium yang bekerja pada sistem bus 60 MHz (P90, P120, P150, dan P180) dan sisanya, bekerja pada 66 MHz(P100, P133,P166, dan P200).
 


6.Prosesor Pentium Pro. 
Pengembangan Pentium Pro dimulai 1991, di Oregon. Diperkenalkan pada 1 November, 1995. Fitur yang baru ialah bahwa cache L2 yang menjadi satu Chip raksasa, dengan chip empat persegi panjang dan Socket-8nya. Unit CPU dan cache L2 merupakan unit yang terpisah.



7.Pentium III, Celeron. 
Mikro arsitektur P6, merupakan media Intel MMX yang ditingkatkan penyediaan Streaming SIMD Extension. 70 instruksi baru yang memungkinkan penggambaran image tingkat lanjut, grafik 3D, audio dan video, dan pengenalan percakapan. Fitur ditambahkan ke setiap Processor Pentium III, yang dapat digunakan oleh departement IT untuk manajemen informasi/asset.





8.Intel Core 2 Duo (Conroe, Conroe XE, Core i3, i5, i7).
Core 2 Duo yang di luncurkan pada juli 2007. Processor ini memakai microprocessor dengan arsitektur x86. Arsitektur tersebut oleh Intel dinamakan dengan Intel Core Microarchitecture menggantikan arsitektur lama dari Intel yang disebut dengan NetBurst sejak tahun 2000 . Penggunaan Core 2 ini juga menandai era processor Intel yang baru dan menggantian Intel Pentium. Intel lebih mengedepankan clock speed yang sangat tinggi. Core 2 Intel lebih menekankan peningkatan dari fitur-fitur dari CPU tersebut, seperti cache size dan jumlah dalam prosesor core 2 .




9.Core i3 
Prosesor Core i 3 digunakan untuk desktop processor dan mobile processor (notebook). banyak orang salah paham akan pengertian dari embel-embel core i3. Sampai sekarang ini inti core paling banyak hanya baru sampai sebanyak 4 inti core untuk satu processor , ditingkatkannya peforma kecepatan frekuensinya dan juga memory cache-nya sampai L3 cache. Tipe desktop menggunakan microachitecture yang diberi codename Clarkdale. Thermal Design Power (TDP) sebesar 74 watt . Socket yang digunakan masih socket LGA 1156 sama dengan Intel core i 5. Jadi Komputer akan tetap menyala dan menghasilkan gambar tanpa adanya VGA.


10.Intel Core i5
Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti prosesor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Core i5 mengguakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Intel Core i5 juga memiliki kode nama lain, yaitu Clarkdale. Clarkdale memiliki L3 cache sebesar 4 MB, dan TDP yang diperlukan adalah 73 W. Core i5 memiliki 2 core. Speednya mencapai diantaranya 3.2 GHz sampai dengan 3.46 GHz, degan dukungan Hyperthreading dan TurboBoost.


11.Core i7
prosesor pertama dengan teknologi Nehalem . sangat berbeda dengan lainya,karena mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect)yang lebih revolusioner. Nama kode untuk Core i7 adalah Bloomfield.  Prosesor Intel Core i7 diklaim dapat mempercepat proses komputasi untuk bermain game, edit video, dan melakukan aktivitas komputasi populer lainnya hingga 40 persen lebih cepat tanpa meningkatkan konsumsi energi. Intel Core i7 ini mempunyai dua teknologi unggul yaitu Turbo Boost Intel dan Hyper-Threading. . Prosesor Intel Core i7 meningkatkan bandwidth memori lebih dari dua kali lipat dibandingkan platform prosesor Intel Extreme. Prosesor Core i7 dan Intel Desktop Board DX58SO Extreme Series yang berbasiskan Intel X58 Express Chipset.


12. Core i9
Core i9 adalah processor terbaru intel, dengan spesifikasi memiliki 6 core dengan kecepatan 2.8 Ghz dengan L2 256KB X 6 dan L3 12MB. Procesor Gulftown ternyata lebih hemat power dibanding Corei 7 dan Core 2 Quad pada kecepatan yang sama. Tidak itu saja, Core i9 lebih dingin hampir 8 derajat dibandingkan Core 2 Quad, Core i5 dan Core i7. Untuk gaming kelas FPS, Core i9 memiliki angka relatif. Test benchmark game FarCry 2 dan Unreal Tournament dipegang oleh Core i9, disusul Core i7, Corei 5, Core 2 Quad dan terakhir Phenom II X4. Game Left 4 Dead unggul oleh Core i5, diisusul Core 2 Quad, Phenom II X4, Core i9 (Gulftown) dan terakhir Core i7.


Processor Core i3 
Dengan berkembangnya teknologi saat ini yang terlihat komputasi bisa membuat kepala menjadi pusing. perkembangannya cepat sekali, contohnya saja kamu dapat melihat berkembangnya teknologi processor dari intel. sesudah memasuki zaman keemasan Intel Pentium yang berakhir dengan munculnya Intel Dual Core. Teknologi processor bergerak terus dengan cepat . bahkan jika kita tidak terus update dengan informasi maka pastinya akan ketinggalan jauh untuk informasi tentang teknologi processor.
Intel mengeluarkan Core i3 pada tanggal 7 Januari 2010 menggunakan Arsitektur yang dinamakan Nehalem arsitektur baru ini menawarkan performa yang lebih tinggi dengan pengaturan konsumsi daya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan arsitektur Core sebelumnya.

Intel core i3 ada dua tipe , yaitu
1. Untuk desktop processor
2. Mobile processor (notebook).


Intel Core i3 untuk tipe desktop menggunakan microachitecture yang diberi codename Clarkdale, yang memilki L3 cache sebesar 4 Mb, dengan Thermal Design Power (TDP) sebesar 74 wattCore i3 memiliki core processor sebanyak dua. Socket yang digunakan masih socket LGA 1156, sama dengan yang digunakan untuk processor Intel i5. Teknologi tambahan yang “diinjeksikan” pada processor Intel i3 ini adalah di dalam processornya sudah terdapat atau dengan kata lain sudah terintegrasi dengan GPU (Graphical Processing Unit). Jadi komputer akan tetap bisa menyala dan menghasilkan gambar tanpa adanya VGA card. Dan bahkan mungkin bisa memainkan game-game 3D tanpa perlu “kerja keras” GPU dari VGA card.

Untuk jenis Intel Core i3 yang digunakan pada notebook, ia menggunakan microarchitecturedengan codename Arrandale. Core i3 versi mobile ini memiliki L3 cache sebesar 3 Mb dan TDPyang jauh lebih kecil, yaitu hanya 35 watt. Dan tentu saja masih memiliki core processor yang sama, yaitu dua buah core dengan integrasi GPUnya. Socket yang digunakan ยตPGA-989. Intel Core i3 versi mobile ini spesifikasinya sama dengan Intel Core i5-4xx, namun untuk Core i3 berjalan pada clock yang lebih rendah tanpa adanya teknologi Turbo Boost yang dimiliki oleh Intel Core i5.

Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Core i3 tidak memiliki Hyper-Threading, yang merupakan teknologi logic-core duplication yang mengijinkan masing-masing core untuk menggunakan 2 logic core. Clock graphics processor mempunyai kecepatan 100 MHz dan semua core i3 mempunyai 2000 seri IGP yang dibatasi sampai 6 execution cores.
Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”.

CARA KERJA

Pada pada prosesor intel core sebelum core i3 yaitu Core2 Duo (prosesor dengan 2 inti prosesor/2 core), jika kecepatan prosesor adalah 3 GHz, itu berarti kedua inti prosesor bekerja dengan kecepatan 3 GHz. ketika prosesor beristirahat, kecepatan dari kedua  prosesor akan turun secara bersamaan. Jadi, jika ada software yang hanya bisa menggunakan 1 inti prosesor (contoh: Apple itunes), kedua inti prosesor akan bekerja pada kecepatan tertingginya (3 GHz). Satu inti prosesor bekerja mengolah data, sementara inti lainnya ikut menaikkan kecepatan tanpa mengolah data.
Sedangkan pada core i3 (2 inti prosesor/2 core),kondisi di atas hanya akan membuat 1 inti prosesor bekerja dan menggunakan kecepatan maksimumnya. Sementara 1 inti prosesor yang tidak terpakai akan tetap beristirahat untuk menghemat energi.


KELEBIHAN
1. Intel Hyper Threading : Memberikan user 4-way dan 8-way dalam pemrosesan multitask yang mengijinkan setiap core pada prosessor untuk bekerja pada 2 pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
2. Intel HD Graphics : Grafik yang sudah high definition. Dibandingkan dengan Intel Graphics pada Core 2 Duo, Pada core-i3 grafiknya sudah jauh lebih bagus karena sudah HD
3. Sudah Menggunakan module DDR3

KEKURANGAN
1.Tidak disertai teknologi Turbo Boost ( Meningkatkan performa)
2.Pada Core i3 hanya memiliki 2 Core, sedangkan pada core i7 memiliki 4 Core.

Sumber :


0 komentar:

Post a Comment