Saturday 20 June 2015

Tugas IBD 4

MAKALAH

KEGELISAHAN DAN HARAPAN










DISUSUN OLEH:

NAMA : RECKY TAMPUBOLON
KELAS : 1IB06
NPM : 18414977






TEKNIK ELEKTRO

UNIVERSITAS GUNADARMA

2015




KEGELISAHAN

  1. Apa yang kalian ketahui tentang kegelisaan?
Kegelisaan adalah kata yang menggungkapkan perasaan seseorang atau ekspresi seseorang tentag rasa gelisa. Materi ini sangat menarik karena sering dipakai dalam menjalani kehidupan terlebih lagi bagi anak muda yang sering mengalami gelisa akan perasaannya kepada seseorag ataupun ujian sekolah, walaupun tidak dipungkiri para orang tua pun mengalami hal tersebut. Jadi gelisa erat kaitannya dengan jiwa seseorang maka dari itu banyak sekali ekspresi yang dapat diungkapkan saat terjadi hal tersebut tergantung sifat dari orang yang mengalaminya.

Pengertian Kegelisahan

Kegelisahan adalah hal yang tidak terduga rupanya, bisa dirasakan sebelum sesuatu hal terjadi pada saat hal itu terjadi, atau bahkan setelah hal itu terjadi. Sekarang bagaimana kita dapat mengendalikan kegelisahan itu agar tidak berlarut-larut dan menimbulkan efek yang justru mengganggu kehidupan dan perasaan kita. Jadi setiap ada hal apapun yang membuat kita gelisah maka kita harus bersugesti hal yang baik agar membuat kita tenang, dan selalu mengambil hikmah dari apapun yang terjadi. Efek kegelisahan bisa timbul karena ada perlakuan yang tidak positif dari dalam diri kita sendiri. Maka dari karena itu apabila kita melakukan suatu kejadian atau perbuatan harus di usahakan sebisa mungkin menjalankannya dengan baik. Kegelisahan di dalam bahasa sekarang disebut dengan galau. Galau ini banyak contoh kasusnya, seperti masalah cinta, pekerjaan, keluarga, dan lainnya. Manusia yang merasa gelisah seringkali tidak dapat menjalankan pekerjaan dengan baik karena selalu merasa tidak tenang dalam hidupnya. Bahkan orang tersebut tidak memiliki dasar dalam melakukan suatu kegiatan. Semua itu di sebabkan oleh karena manusia mempunyai hati dan perasaan yang takut akan kehilangan nama baik dsb. Bentuk kegelisahan bisa bermacam-macam, misalnya merasa terasing, kesepian dan ketidakpastian akan suatu masalah.

Keterasingan di sebabkan oleh perilaku seseorang yang sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan, akibatnya perilaki orang tersebut tidak dapat di terima atau tidak dapat di benarkan oleh masyarakat yang ada di lingkungannya misalnya: sombong. Kesepian berarti merasa sunyi, tidak berteman. Kesepian memiliki hubungan dengan keterasingan hanya kebalikannya yaitu orang yang frustasi sehingga bersikap rendah diri dan menjauhi pergaulan ramai. Sedangkan ketidakpastian adalah perasaan tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tanpa arah yang jelas misalnya: ketidakpastian tentang lulus tidaknya menjadi seorang sarjana.

Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir,  tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan  hal  yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak.-gerik itu umumnya lain dari biasanya, misalnya  berjalan  mundar-mandir  dalam  ruang tertentu  sambil  menundukkan  kepala, memandang  jauh ke depan sambil mengepal-ngepalkan tangannya, duduk termenung sambil memegang kepalanya, duduk dengan wajah murung atau sayu, malas bicara, dan  lain-lain. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresidari kecemasan.Karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan, kekawatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tecapai.


  1. Jelaskan apa sebab-sebab seseorang dapat merasakan kegelisaan?
Kegelisaan identik dengan rasa takut. Rasa takut itu pun yang membuat seseorang mengalami kebimbangan, tak tau ingin berbuat apa, ingin cepat menyelesaikan sesuatu, bahkan menunggu merupakan kegelisahan yang paling sering dialami. Kegelisahan seseorang pun dapat menumbuhkan orang menjadi lebih baik maupun makin buruk.

Contoh 1:
Ketika seorang reporter mendapatkan percayaan penting untuk dapat mewawancarai seorang presiden atau orang penting lainnya, dalam batinnya pasti akan mengalami rasa gelisa atau cemas karena besok dia akan dapat mewawancari seorang presiden maka dari itu dia harus melakukan yang terbaik agar dia dapat dipandang baik oleh orang besar tersebut dengan menyiapkan berbagai pertanyaan inspiratif dan yang berbobot agar dapat dijawab dengan baik dan dia akan berpakaian atau ber penampilan sebaik-baiknya, datang lebih awal dan menunggu kedatangan presiden sampai dia mewawancarainya. Maka dari itu sisi baik yang diambil dari kegelisahan tersebut dia dapat membuat dirinya lebih baik dan termotivasi agar dia menjadi orang yang lebih baik.

Contoh 2:
Ketika terdapat keluarga yang mendapatkan warisan dan ada salah satu pemilik warisan itu menginginkan warisan yang lebih dia takut akan warisannya yang diberikan tidak sesuai dengan dia, maka dia akan melakuakan hal negatif dengan mempersiapkan hal yang dapat menguntungkannya yaitu membuat dia merasa yang lebih berhak mendapat semuanya ataupun yang lebih fatalnya dengan melakukan pembunuhan kepada saudara atau orang yang berkepentingan mendapatkan warisan tersebut. Maka dari itu dapat dilihat dari sisi orang itu kegelisahan dapat membuatnya menjadi orang yang serakah dan mengingini sesuatu harus jadi miliknya dengan cara yang tidak baik.

Itulah sebagian contoh dari seseorang dalam kegelisahan, dari disitulah dapat dilihat kegelisahan dapat meliputi berbagai hal dalam kehidupan. Maka dari itu sebagai manusia yang memiliki kepercayaan kita sebaiknya manusia lebih yakin dalam menghadapi rasa gelisa.

Apabila di kaji, sebab sebab orang gelisah adalah karena mereka takut kehilangan berbagai macam haknya seperti hak untuk hidup, hak milik, hak memperoleh perlindungan dan lain-lain.

Contohnya: beberapa waktu lalu kita sering mendengar isu bahwa Jakarta akan diguncang gempa dengan daya rusak yang setara dengan bom hiroshima pada waktu tertentu. Ketika mereka mendengar berita tersebut, mereka langsung panik dan melakukan persiapan untuk mengamankan barang-barang miliknya atau membuat tenda di depan rumah dan menjudge bahwa berita tersebut benar adanya. Padahal kalau kita telaah secara mendalam, tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui kapan dan dimana gempa itu akan terjadi. Hal tersebut dapat terjadi karena mereka takut kehilangan beberapa haknya seperti hak untuk hidup, hak untuk mendapat perlindungan, dan lain lain 

Menurut Sigmun Freud, ada 3 macam kegelisahan :
  1. Kegelisahan objektif.
Kegelisahan ini identik dengan kenyataan. Ciri-ciri utamanya adalah ia bersumber dari luar diri manusia. Hal ini muncul dari antisipasi seseorang berdasarkan pada pengalaman perasaanya. Artinya, kegelisahan ini muncul setelah adanya pemicu atau sebab dari luar kemudian direspon oleh orang-orang banyak, karena ia bersifat objektif. Respon yang diberikan oleh orang-orang banyak itu seragam karena mereka telah pernah mengalaminya dan merasakan akibat dari sumber itu secara luas. Contohnya : Kegelisahan masyarakat setelah ada pengumuman kenaikan BBM.
  1. Kegelisahan neurotik.
Seperti namanya, kegelisahan ini berhubungan dengan sistem syaraf kita. Syaraf-syaraf kita bekerja secara alami ketika tubuh merasa terancam atau mengetahui akan ada suatu hal berbahaya yang akan terjadi. Tubuh tidak diperintahkan untuk melakukannya. Singkatnya kegelisahan ini ditimbulkan oleh suatu pengamatan tentang bahaya naluriah. Contohnya: Kegelisahan para peserta Idonesian Idol ketika akan mengetahui siapa yang harus pulang pada malam mereka tampil dan kegelisahan murid-murid sekolah ketika menunggu hasil ujian akhir.
  1. Kegelisahan moral.
Kegelisahan ini mucul dari dalam diri sendiri. Sebagian besar karena rasa bersalah atau malu dalam ego yang ditimbulkan oleh suatu pengamatan bahaya dari hati nurani. Hal ini timbul karena pada dasarnya setiap manusia mempunyai hari nurani dan sadar atau tidak mereka tahu mana hal yang benar dan mana yang salah. Walaupun mereka melakukan kejahatan, setiap orang pastilah tahu hal yang dilakukannya itu adalah salah. Keadaan mungkin yang memaksa mereka melakukannya. Jadi, mereka tetap mempunyai rasa bersalah dan mengalami kegelisahan moral itu. Contohnya: Setelah terungkap permasalahan korupsi di tubuh KPU, banyak pihak yang terkait merasa gelisah.

  1. Bagaimana cara seseorang tersebut dapat mengatasi Kegelisahan, berkaiatan dengan manusia dalam kehidupan?
Dari pengertian Kegelisahan ini dapat kita simpulkan bahwa kegelisahan adalah adanya ekspresi atau ungkapan yang diungkapkan dengan suatu rasa takut atau rasa resah menantinya. Maka dari itu untuk dapat mengatasinya yaitu tetep tenang atau relaks. Buatlah rasa gelisa, cemas dan takut itu menjadi tak sulit untuk dihadapi, berfikir positif, biarkan hal yang tak penting agar tidak menjadi penghambat dalam ketenangan diri, dan yang tidak kalah penting adalah hubungan kepercayaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa mintalah dalam doa agar segala sesuatu yang akan kita hadapi tidaklah menjadi sulit tetapi minta agar kita tetap sadar, tenang dan terjaga selalu dalam keyakinan kita bahwa rasa gelisa itu dapat kita hadapi.

Dan ada beberapa hal lain yang dapat diikuti atau dicoba agar seseorang dapat menghadapi kegelisahan:
  1. Membuat sebuah daftar
Ketika Anda memiliki daftar panjang dari hal-hal yang Anda lakukan, hal itu bisa membuat siapapun merasa gelisah. Cobalah untuk menulis semua hal yang membuat pikiran Anda gelisah, terutama pada malam hari. Tindakan ini dapat membuat pikiran Anda lebih tenang. Anda akan mengingat apa yang harus dilakukan dan perlahan-lahan Anda bisa menghilangkan kegelisahan Anda tersebut dari daftar yang Anda buat.
  1. Olahraga
Olahraga telah terbukti menjadi salah satu cara untuk mengurangi stress dan kegelisahan. Jika Anda menyukai tenis, sebagai contoh, tindakan memukul bola bolak-balik bisa sangat membantu Anda untuk mengarahkan energy gelisah Anda dengan cara yang sehat. Berjalan juga salah satu aktifitas yang baik. Anda bisa berjalan disekitar rumah Anda selama 10 menit, pergi ke taman, ataupun berjalan-jalan biasa. Tindakan mencari udara segar diluar rumah bisa memberikan Anda ruang untuk bernafas, mampu membuat Anda bisa menikmati suara alam, ataupun menikmati semacam keheningan dan kedamaian. Apapun olahraga yang Anda sukai, lakukanlah dengan teratur. Hal itu tentu dapat membantu Anda
  1. Aromatherapy
Hanya dengan harum lavender saja dapat membantu Anda untuk mengurangi stres dan tekanan darah tinggi. Para ilmuwan telah mendokumentasikan kelebihan dari aromatherapy ini.
Dimulai minyak esens lavender ataupun dupa. Oleskan setetes minyak esens tersebut pada tiap dupa. Duduk dengan tenang atau berbaringlah, dan biarkan aroma lavender tersebut membantu Anda untuk rileks.
Dupa lavender juga bekerja dengan baik, tetapi tidak semanjur minyak esens dan beberapa orang mendapati bahwa asap dari dupa terlalu kuat. Nyalakan batang dupa dan biarkan aroma dupa tersebut mengisi ruang Anda. Lagi, duduklah dengan tenang untuk beberapa saat dan hiruplah harum lavender tersebut.
  1. Teh
Tindakan membuat the adalah proses yang menenangkan. Teh membuat Anda lebih tenang dan Anda harus menyesap teh tersebut. Anda tidak dapat menenggak minuman yang masih panas.
Beberapa varietas untuk menenangkan adalah teh lavender, chamomile, ataupun jahe. Lavender dan chamomile, keduanya dapat menenangkan Anda. Sedangkan jahe dapat membantu Anda untuk mengobati sakit perut.
Tuangkan air bersih kedalam cerek teh dan biarkan air tersebut mendidih. Tuangkan kantong teh ataupun daun teh, dan biarkan agar meresap sampai teh tersebut cukup dingin untuk diminum. Duduklah pada tempat yang sepi dan hilangkan suara-suara yang mengganggu. Telepon seluler, musik, TV, radio, dan sebagainya. Sesaplah teh Anda selama 20 menit dan hilangkan perhatian Anda dari pikiran-pikiran yang membuat tingkat stress Anda bertambah.
  1. Musik yang menyenangkan
Dengarkan beberapa musik yang menenangkan. Ada banyak jenis musik yang berbeda, yang dapat menenangkan pikiran Anda. Musik klasik, Zen, Meditasi, Musik Tradisional ataupun jenis musik dan suara yang menenangkan adalah pilihan yang baik. Sambil mendengarkan musik, Anda dapat duduk dengan tenang ataupun melakukan aktifitas santai untuk membantu pikiran Anda menjadi lebih tenang, seperti membaca, membuat karya seni, menulis, dan sebagainya.


HARAPAN
  1. Apa yang kalian pahami tentang harapan?
Harapan adalah keinginan sesuatu yang ingin dicapai, tujuan, pendirian, cita-cita, bentuk yang tak terlihat tetapi dimiliki, keinginan supaya menjadi kenyataan dan lain-lain. Mungkin itu ekspresi kita yang dapat melambangkan harapan karena banyak sekali harapan yang dimiliki setiap orang. Contoh kecilnya seorang jomblo (tidak memiliki pasangan) dia dapat harapan bahwa dia akan mendapatkan cewe cantik dan baik hatinya untuk dirinya dan keluarganya kelak, seperti itulah contoh harapan jadi secara pribadi harapan itu merupakan hal yang sangat indah, suci dan manis untuk diimpikan maka dari itu dalam menjalani kehidupan manusia memiliki harapan yang besar terhadap dirinya agar membuat dia lebih baik.
Pengertian Harapan
Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang, dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud. Namun ada kalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu. Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha.
Beberapa pendapat menyatakan bahwa esensi harapan berbeda dengan "berpikir positif" yang merupakan salah satu cara terapi/ proses sistematis dalam psikologi untuk menangkal "pikiran negatif" atau "berpikir pesimis".
Kalimat lain "harapan palsu" adalah kondisi dimana harapan dianggap tidak memiliki dasar kuat atau berdasarkan khayalan serta kesempatan harapan tersebut menjadi nyata sangatlah kecil.
Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya.
Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing. Misalnya, Budi yang hanya mampu membeli sepeda, biasanya tidak mempunyai harapan untuk membeli mobil. Seorang yang mempunyai harapan yang berlebihan tentu menjadi buah tertawaan orang banyak, atau orang itu seperti peribahasa "Si pungguk merindukan bulan"
Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan, misalnya Rofiq mengharapkan nilai A dalam ujian yang akan datang, tetapi tidak ada usaha, tidak pernah hadir kuliah. Ia menghadapi ujian dengan santai. Bagaimana Rafiq memperoleh nilai A luluspun mungkin tidak.
Harapan berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Manusia wajib selalu berdoa. Karena usaha dan doa merupakan sarana terkabulnya harapan.
Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi; sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan.
  1. Kenapa manusia harus memiliki harapan dan doa?
Sebelum menjawabya kita haruslah tahu dulu pengertian dari doa.
Doa mencakup rasa hormat, cinta, permohonan dan iman atau keyakinan. Melalui sebuah doa, seorang pengabdi mengungkapkan ketidakberdayaannya dan menyerahkan sikap pelaksanaan dari suatu pekerjaan kepada Tuhan YME. Menyerahkan sikap pelaksana kepada Tuhan YME berarti kita mengakui bahwa Tuhan membantu kita dan Ia yang menyelesaikan pekerjaan itu. Doa adalah suatu alat penting dalam praktik spiritual secara umum di jalan spiritual pengabdian.
Itu merupakan pengertian umum doa, dan secara pribadi doa adalah alat komunikasi antara kita dan sang pencipta karena kita memiliki keyakinan atas adanya Tuhan yang berkuasa dialam ini jadi kita dapat mengabdi kepadaNya dengan cara menuruti aturan yang baik yang telah ada menurut keyakinan masing-masing. Doa juga bukan hanya komunikasi sebatas pembicaraan antara kita dan Tuhan sebagai sang pencipta tapi sebagai arah kepada kita agar selalu dekat dengan Dia dan tetap beriman kepadaNya. Maka dari itu doa sangatlah penting bagi seseorang yang memiliki keyakinan akan adanya Tuhan. Penjelasan ini juga hanya sebatas penjelasan pribadi dan yang dapat menjelaskannya lebih lanjut yaitu tentang kepercayaan kita adalah adanya pembuka agama dimana mereka yang dapat menjelaskan lebih jelas dan juga pengelaman pribadi.
Penyebab adanya harapan yaitu karena manusia adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni di tengah suatu keluarga atau anggota masyarakat lainnya. Doronngan Kodrat Kodrat ialah sifat, keadaan, atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan. Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis, tertawa, bergembira, dan sebagainya. Kodrat juga terdapat pada binatang, walau bagaimanapun juga besar sekali perbedaannya. Dalam diri manusia masing-masing sudah terjelma sifat, kodrat pembawa dan kemampuan untuk hidup bergaul, hidup bermasyarakat atau hidup bersama dengan manusia lain. Dengan Kodrat ini, maka manusia mempunyai harapan.
Dorongan kebutuhan hidup Sudah kodrat pula bahwa manusia mempunyai bermacam-macam keebutuhan hidup. Untuk memenuhi semua kebutuhan itu manusia bekerja sama dengan manusia lain. Dengan adanya dorongan kodrat atau dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Kelangsungan hidup (survival) untuk melangsungkan hidupnya manusia membutuhkan sandang pangan dan papan. setiap bayi begitu lahir di bumi menangis, ia telah mengharapkan diberi makan/minum. Sandang, semula hanya berupa perlindungan/keamanan, untuk melindungi dirinya dari cuaca. Papan yang dimaksud adalah tempat tinggal atau rumah. Untuk mencukupi kebutuhan pangan, sandang dan papan itu, maka manusia sejak kecil telah mulai belajar.
Keamanan seriap orang membutuhkan keamanan. Bila seorang telah menginjak dewasa, sehingga sudah saatnya Hak dan Kewajiban mencuntai dan dicintai Tiap orang mempunyai hak dan kewajiban. Bila seorang telah menginjak dewasa, maka ia merasa sudah dewasa, sehingga sudah saatnya mempunyai harapan untuk dicintai dan mencintai. Status Setiap manusia membutuhkan status.
Maka dari penjelasan tentang doa didapat bahwa harapan amat erat hubungannya dengan doa. Dimana harapan itu sendiri diartikan sebagai pintu dan doa sebagai kunci yang jika diibaratkan kalau saat kita ingin membuka pintu itu kita membutuhkan kunci dan untuk membuka kunci dan mendorong pintu itu kita membutukkan gerakan memutar kunci lalu mendorong pintu itulah yang biasa disebut dengan usaha dan dari usaha atas harapan disertai doa itulah terpampang jelas mimpi yang telah menjadi nyata. Maka dari itu kita juga dalam mengharapkan sesuatu dalam hal apapun doa berhubungan erat dengan itu. Jadi kalau harapan itu amat besat seperti cerita yang sebelumnya maka pintu itupun pastilah besar tetapi kunci itu tidak perlu besar hanya pas dengan apa yang diharapkan saja yaitu berhubungan dengan Tuhan dan meminta yang terbaik maka akan diberikan pula kunci yang pas, dan jika pintu itu besar maka usaha untuk mendorongnya haruslah besar maka dari itu untuk seseorang tidak dilarang memiliki harapan besar tetapi mereka dianjurkan agar menjadikan kenyataan harapan tersebut maka dia haruslah berusaha keras.
  1. Bagaimana seseorang dapat meningkatkan dari harapan dan doa?
Kalau dibilang bagaimana jawabannya hanyalah pada pengalaman sendiri. Tetapi sebenernya seseorang dapat meningkat karena harapan dan doa yang diberikan dari nasihat teman maupun orang tua. Karena harapan itu bagai sesuatu yang ingin dimiliki dan dari sesuatu itu dibutuhkan usaha serta kunci yaitu doa. Bukan hanya itu seseorang dapat meningkat juga karena motivasi dari luar diri sendiri maupun dari dalam diri sendiri. Harapan membuat orang menjadi lebih baik sebab harapan semua yang diinginkan orang adalah hal yang baik maka dari itu harapan merupaka suatu yang haruslah digapai karena hasilnya untuk dirinya sendiri yang membuat dia bahagia, senang dan membuat hidupnya menjadi lebih baik.
Contoh:
Harapan saya adalah ingin menjadi mekanik dibidang robotik yang dapat diakui dunia dan karya robot saya dapat berguna untuk saya dan masyarakat disekitar. Itu adalah harapan saya dari harapan itu lah kita mendapat pandangan bahwa menjadikan harapan itu kita membutuhkan usaha yang diantaranya saya harus tau apa itu dasar elektronika, dasar mesin dan juga sistem indra yang terdapat pada manusia setelah menguasainya saya juga harus mempraktikan hasil kreasi saya maka dari itu dibutuhkan tenaga untuk membuatnya digunakan pikiran dan tenaga otot agar dapat membuatnya itulah yang disebut usaha. Setelah adanya harapan juga disertai usaha yang keras muncullah gerakan akan hubungannya saya dengan Tuhan Yang Maha Esa disana kita dapat meminta hal yang kita inginkan agar dapat kuat untuk menjalani apa yang kita harapkan.


  1. Berikan contoh kasus dalam kehidupan sehari kalian dari No. 1 dan 2?
Contoh nomor 1:
Kegelisahan
Waktu itu saya sekolah di SMKN2 kota Bekasi akan melaksanakan kewajiban PKL (Praktik Kerja Luar) sudah seperti biasanya dialami oleh sekolah yang berbasis SMK. Ketika itu saya dan teman saya pergi untuk mencalonkan lamaran PKL saya kebebrapa perusahaan yang berada dikawasan Cikarang, disana banyak sekali perusahaan yang berdiri amat megah tapi kenyataan dari saya dan teman-teman saya berbeda kami selalu ditolak untuk melaksanakan PKL diperusahaan yang kami datangi. Disanalah saya merasa kegelisahan akan penolakan tidak dapat PKL. Harap-harap cemas pun menyelimuti perasaan kami setelah itu akhirnya salah satu orang tua teman saya mengajukan untuk PKL diperusahaan yang digelutinya. Kebetulan itu adalah perusahaan ternama di Indonesia, dengan cemasnya kita mempersiapkan diri agar terlihat rapi dan cocok untuk diterima perusahaan tersebut. Akhirnya dari perjuangan mencari PKL kita pun diterima diperusahaan tersebut. Saat PKL juga disana saya merasa kegelisahaan yang amat dari karyawan yang berangkat bersama kami karena kami menaiki transprotasi bus yang telah disediakan. Terasa terintimidasi dengan keadaan anak PKL kami pun berusaha mungkin agar tidak merepotkan meraka dengan cara datang lebih awal dari karyawan, praktek dengan serius dan mengikuti intruksi atasan. Kegelisahan tetap masih melingkupi kami karena di hari akhir PKL kami akan menerima nilai hasil praktek kami diperusahan tersebut tapi akhirnya dari hasil kerja keras kami, kami mendapatkan nilai yang cukup besar dari atasan yang menilai praktek kami.


Contoh kasus nomor 2:
Harapan
Harapan ini dimulai juga saat di SMK disana saya suka berimajinasi tentang kehidupan saya kedepan, harapan yang saya inginkan adalah menjadi orang yang dapat diakui didunia. Waktu SMK saya mengambil jurusan yang sangat menarik dan cocok dengan perkembangan teknologi dunia yaitu TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Dari awal saya tetap berharap akan dapat diakui didunia. Tetapi Tuhan berkata lain Dia menunjukan kecil harapan yang akan saya capai dengan cara saya dapat menjadi tutor tentang Komputer dan Jaringan untuk teman-teman saya dan saya juga pernah menjadi guru pengajar di SMK dibidang Jaringan kepada adik kelas saya. Disana gamabaran akan harapan kecil saya dapat terlihat bahwa saya dapat diakui oleh teman-teman, adik kelas dan juga guru di SMK. Menariknya saya juga pernah mengajar orang tua diluar sekolah untuk mempelajari lebih dalam tentang komputer dari sana saya juga lumayan mendapatkan penghasilan hehe. Dan sekarang saya berkuliah di jurusan tentang perkembangan teknologi juga walaupun berbeda dari jurusan sebelumnya, saya berjurusan Teknik Elektronika. Dijurusan ini saya juga memiliki harapan yang besar tentang ilmu dari perkembangan dunia dalam segi yang lebih luas dan tetap pada harapan yang ingin diakui didunia. Maka dari itu saya belajar sungguh-sungguh walau terkadang jenuh tapi dengan harapan gambaran itu akan terhujudkan.







Daftar pustaka


0 komentar:

Post a Comment